Dasar Hukum Asuransi Syariah

Dalam menentukan suatu keputusan dalam syariah, seyogianya diketahui hukum-hukum atau dasar-dasar yang berkaitan dengan kebenaran, terutama buat umat muslim sudah seharusnya kta mencari kebenaran dari sumber segala sumber yaitu ai-quran dan hadist.

QS Al Maidah ( 5 : 2 ) "Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran"
QS Al Hasyr ( 59 : 18 )
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa ...yang telah dibuat untuk hari esok. Bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui yang kamu kerjakan"
QS An Nisaa ( 4 : 9 )
"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar"
QS An Nisaa ( 4 : 29 )
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu"
QS Al Baqarah ( 2 : 261)
Perumpamaan derma orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah serupa dengan benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas KaruniaNya lagi Maha Mengetahui"

HR. Bukhari Lebih baik kamu meninggalkan keturunanmu kekayaan daripada meninggalkan mereka miskin memohon pertolongan orang lain.
HR. Ibnu Majah Sesungguhnya orang yang beriman ialah siapa yang memberikan keselamatan dan perlindungan terhadap harta dan jiwa manusia.
Hadist Rasulullah SAW. Orang yang meringankan kebutuhan hidup saudaranya akan diringankan kebutuhannya oleh Allah. Allah akan menolong hambaNya selagi ia menolong saudaranya.


Ya Allah izinkanlah saya, dan berilah kami kesempatan untuk dapat membuka hati mereka agar sadar akan kebutuhan mereka terhadap asuransi dan izikanlah saya untuk dapat menunjukkan kepada mereka bahwa saya tulus ikhlas menolong dan membantu mereka dalam rangka memperbaiki pula perencanaan financial keluarga untuk dapat mewujudkan harapan dan cita cita mwereka sehingga mereka akan lebih tenang dan khusu' dalam menjalankan ibadah mereka kepada Mu Ya Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar